17/05/12

Mata Bengkak dan Solusinya




Mata sering bengkak saat bangun pagi ?  *saya, ehm* Apa yang menyebabkan mata jadi bengkak saat pagi hari ?
Pada dasarnya kantung mata adalah gumpalan jaringan lemak di kelopak mata bawah yang semakin terbentuk ketika usia tua rongga mata bawah terisi lemak, ditambah lagi dengan elastisitas kulit yang sangat berkurang dan terlihat seperti kantung di bawah mata. Seluruh proses ini dapat terjadi lebih dini, apabila kita tidak menjaga diri dari radikal bebas. 
Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya, yaitu :
1.          Posisi tidur
Saat kita tidur dengan posisi kepala yang tidak ditinggikan dapat membuat cairan terakumulasi di bawah mata. Sebaliknya jika kepala agak tertopang (pake bantal) akan memungkinkan gravitasi untuk menarik cairan dari bawah mata secara alami.

2.         Berapa lama waktu tidur
Tidur yang cukup dapat mempengaruhi tingkat peradangan dalam tubuh. Bila tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka pembuluh darah di bawah mata akan vasodilatasi dan lebih dekat dengan permukaan sehingga tampak lebih bengkak L

3.         Makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur
Konsumsi natrium atau minum alkohol yang berlebihan maka kemungkinan akan bangun dengan mata bengkak. Hal ini karena makanan yang terlalu asin atau natrium tinggi menyebabkan tubuh menahan air sehingga memicu mata bengkak. Sementara itu alkohol bertindak sebagai minuman yang memicu dehidrasi sehingga membuat kulit di bawah mata terasa lebih tipis. Hal ini menyebabkan cairan yang menumpuk lebih terlihat dan tampak lebih bengkak.

Meski begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai rutinitas untuk mengurangi mata bengkak secara efektif yaitu : 

  • Mengompres dingin area mata selama beberapa menit sampai sembapnya menghilang. Untuk mengompresnya bisa menggunakan irisan timun, kapas atau kantong teh (hijau atau hitam) basah yang berfungsi menyempitkan pembuluh darah. Astringent yang terkandung dalam mentimun serta kafein dalam teh dapat menghilangkan kantung mata.
  • Berikan tekanan secara lembut pada tulang di sekitar mata ketika dikompres, sehingga memperlancar sirkulasi dan membantu mengurangi cairan berlebih. 
  •  Minum air putih saat bangun tidur bisa membantu mengurangi mata bengkak
  •  Tidurlah dengan waktu yang cukup dan menggunakan bantal untuk membantu menopang kepala. 
  • Mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung kalium, seperti pisang, melon, tomat, bayam, brokoli & angggur. Hindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol, gorengan, minuman berkarbonasi, garam, kecap & makanan yang mengandung MSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar